/assets/placeholder-300x300.png

Apa itu Deadstock? (Stok Mati)

  • Kategori : Tips
  • |
  • 25 Nov 2021 18:39

Apa itu Deadstock?

 

Sederhananya, "Deadstock" adalah bagian dari inventaris yang Anda beli yang Tidak Akan Dijual. Ini adalah sumber kecemasan dan ketakutan karena menghalangi modal kerja Anda.

Deadstock adalah masalah yang harus digigit sejak awal. Untuk melakukan ini dengan sukses, Anda memerlukan manajemen inventaris yang efisien sejak hari pertama.

Persediaan yang stagnan dan tidak bergerak memberikan tekanan luar biasa pada bisnis untuk tetap bertahan dengan arus kas yang terbatas. Apakah Anda seorang produsen atau pengecer, melalui inventaris yang bergerak cepat Anda menghasilkan modal kerja di luar tahap peluncuran produk atau toko. Oleh karena itu, Anda harus memiliki sistem manajemen inventaris yang sangat mudah serta sarana untuk memasarkan produk Anda.

Tapi pertama-tama, Anda harus mengetahui dasar-dasar manajemen stok Anda.

Semua saham yang dibeli terbagi dalam dua kategori:

1. Stok siklus

2. Stok pengaman

Stok siklus, seperti namanya, adalah bagian "bergulir" dari inventaris. Anda tetap berada di puncak penjualan untuk memperkirakan berapa banyak yang harus Anda miliki di antara pemesanan ulang.

Stok pengaman adalah stok cadangan Anda - stok yang Anda pegang saat penjualan mungkin melonjak atau pengiriman vendor tertunda.

Kedua kategori tersebut berpotensi berakhir sebagai deadstock. Stok pengaman lebih dari itu, karena tidak banyak perhatian yang mungkin diberikan selama rekonsiliasi stok.

Lakukan dan Larangan untuk menghindari Dead Stock


Sekarang, kami telah menentukan penyebab stok mati. Tapi apa yang bisa kita lakukan untuk menghindarinya? Kami dapat mencoba mendorong mereka sejauh mungkin, jadi, berikut adalah daftar yang harus dan tidak boleh dilakukan yang dapat membantu.


Lakukan 

Larangan

Bicaralah dengan Pemasok Anda Secara Teratur


Jangan simpan Barang yang susah keluar

Lacak Riwayat Penjualan dan Permintaan

Jangan lupa Perubahan Musim


Rancang Rencana dengan Memahami Tren Pasar


Jangan Stok Barang Rusak (Defect)

Berinteraksi dengan Pelanggan

Jangan Menyimpan Barang Permintaan Rendah

Bekerja dengan Sistem Manajemen Investasi yang Baik

Jangan Lupa Meminta Bantuan dari Anda Rekan-Rekan Kompetitor




Berikut adalah beberapa tips dan trik efektif untuk menghilangkan stok mati:

Tidak ada yang menginginkan stok mati di gudang mereka. Jadi, bagaimana jika Anda menghadapi situasi seperti itu. Bagaimana Anda menyingkirkan deadstock?

Jadi, kami telah mengumpulkan di sini beberapa cara Anda dapat menyingkirkan stok mati.

Kiat:

  1. Menerapkan alat inventaris

Jika Anda ingin menghilangkan stok mati, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa banyak stok berlebih yang Anda miliki. Saat ini, sistem manajemen inventaris berbasis cloud telah mempermudah kehidupan pengecer, memungkinkan mereka untuk mengintegrasikan semua inventaris mereka dari beberapa lokasi ke dalam satu sistem, menawarkan tingkat inventaris secara real-time. Dengan cara ini, menerapkan perangkat lunak manajemen inventaris untuk bisnis Anda akan menawarkan alat yang mudah digunakan untuk memilah dengan tepat berapa banyak inventaris Anda saat ini adalah stok mati. Selain itu, beberapa perangkat lunak manajemen inventaris dilengkapi dengan sistem manajemen deadstock bawaan. Mengetahui stok mati Anda, Anda dapat membuat daftar barang-barang stok tersebut dalam nilai turun. Menargetkan item stok bernilai lebih tinggi terlebih dahulu memungkinkan Anda menutupi biaya yang terkait dengan stok mati dalam waktu singkat. Selain itu, selalu disarankan untuk memisahkan inventaris mengenai frekuensi pergerakan dan menyimpannya sesuai dengan itu. Perangkat lunak kontrol inventaris yang efisien seperti Orderhive dapat melakukannya untuk Anda. Cobalah secara gratis.

  1. Buat urgensi

Menciptakan urgensi adalah hal pokok jika Anda ingin menyingkirkan stok mati. Karena, jika Anda tidak menunjukkan urgensi, Anda bisa menghabiskan banyak waktu untuk menjual stok mati Anda, apa pun trik yang Anda terapkan. Anda dapat menerapkan yang terbaik dari trik terbaik untuk menyingkirkan deadstock, tetapi jika Anda tidak menunjukkan urgensi, Anda akan membuang-buang waktu secara besar-besaran! Jadi, menjadi sangat penting bagi Anda untuk menunjukkan urgensi dalam semua trik yang Anda terapkan untuk menyingkirkan dead stock. Bagaimana Anda bisa menciptakan urgensi dalam semua trik yang Anda terapkan untuk menyingkirkan dead stock?

a – Sebutkan persediaan terbatas – seperti “hanya 3-4 produk yang tersedia.”

b – Tempatkan batas waktu.

c – Sorot jumlah penghematan biaya.

 

Ini akan menarik pelanggan untuk menambahkan produk ke keranjang sekarang!

Trik:

  1. Flash kode kupon diskon yang relevan

Jika Anda ingin menghilangkan stok mati, maka salah satu triknya adalah menawarkan diskon untuk melepas sebagian stok. Jadi, flash kode kupon diskon yang relevan di halaman utama situs Anda. Dengan cara ini, setiap pelanggan yang mengunjungi situs Anda akan tertarik pada produk tersebut terlebih dahulu, bahkan jika mereka memikirkan produk lain. Jadi, secara otomatis Anda meningkatkan peluang untuk menyingkirkan stok mati Anda.

“Diskon tidak pernah begitu menarik selama penjualan Hari Republik. Ada kemungkinan bahwa merek yang tidak memiliki kehadiran offline dapat terburu-buru untuk menghapus inventaris, ”kata chief operating officer merek elektronik Amazon Exclusive BPL India, Manmohan Ganesh.

  1. Sertakan mereka dalam penawaran harian Anda

Banyak situs menerapkan penawaran transaksi harian, yang memungkinkan pelanggan membeli produk dengan harga yang jauh lebih murah. Terapkan beberapa kelebihan stok Anda dalam penjualan harian Anda, yang memudahkan Anda untuk menyingkirkan produk tersebut, secara instan! Kesepakatan harian berarti menawarkan satu-dua produk dengan diskon besar mendapatkan lebih banyak visibilitas. Dengan cara ini, Anda meningkatkan peluang penjualan dengan cepat. Google Shopping, Nextag, PriceGrabber, Shopping.com, Shopzilla adalah beberapa situs perbandingan terbaik yang harus Anda pertimbangkan.

  1. Menawarkan pengiriman gratis

Pengiriman gratis sekarang menjadi standar. Oleh karena itu, penjualan Anda akan terganggu jika Anda tidak menawarkan pengiriman gratis. Pastikan Anda menawarkan pengiriman gratis untuk sebagian besar kelebihan stok Anda, yang akan menarik pelanggan untuk menambahkan produk sekarang juga! Dengan cara ini, Anda membuat pelanggan senang dan melepas deadstock, secara bersamaan


Nah itu beberapa saran yang bisa dilakukan kawan Fabriku untuk menyingkirkan dead stock atau stok mati. Kira-kira, apa yang bakal kawan Fabriku coba terlebih dahulu? Butuh konsultasi lebih mengenai bisnis Anda mengenai kain apa yang cocok? Hubungi Customer Service Fabriku.