https://fabriku.com/storage/catalog/artikel fabriku/kain-TC.jpeg

Pilih yang mana? Bahan kain CVC atau TC?

  • Kategori : Umum
  • |
  • 01 Jun 2022 14:10

Semua orang disini sudah lebih familiar dengan bahan katun (cotton), apalagi dengan bahan Cotton Combed, bahan favorit semua untuk membuat kaos yang nyaman. Selain Combed dan Carded, kain jenis CVC dan TC bisa jadi menjadi pilihan sebagai bahan dasar untuk membuat kaos. Adapun pengertian Kain CVC dan TC sebagai berikut ini..


CVC adalah singkatan dari Chief Value Cotton. Kain CVC merupakan jenis kain campuran yang mempunyai contoh komposisi 55% cotton 45% polyester, atau 60% cotton 40% polyester, atau 50% cotton 50% polyester. Sangat berbeda dengan combed dan carded yang memiliki 100% cotton. Jenis kain ini dapat menjadi pilihan untuk para produsen kaos atau pengusaha konveksi, jika membutuhkan kain dengan kualitas sedang dan harga yang lebih murah.


TC atau Tetoron Cotton adalah jenis kain campuran antara Polyester dan Cotton. Kain ini mempunyai kemiripan dengan CVC tetapi komposisinya saja yang berbeda. TC memiliki lebih banyak kandungan Polyesternya (kandungan Cottonnya lebih sedikit). Umumnya komposisi dari TC adalah 65% Polyester dan 45% Cotton. Akan tetapi, kekurangan dari kain TC adalah kain ini tidak begitu menyerap keringat dan terasa sedikit panas di badan sedangkan kelebihannya adalah lebih tahan “shrinkage”nya atau tidak susut ataupun melar walaupun sudah dipakai dan dicuci berkali-kali. Harga TC juga umumnya lebih murah jika dibandingkan dengan CVC. 


Nah inilah penjelasan singkat tentang perbedaan bahan kain CVC dan TC. Bisa langsung kunjungi halaman produk kami dan segera pilih bahan kain yang anda inginkan di website Fabriku, atau bisa langsung hubungi Customer Service Fabriku untuk informasi lebih lanjut.