https://fabriku.com/storage/catalog/artikel fabriku/images (1).jpeg

Beberapa Jenis Jahitan yang Perlu Anda ketahui

  • Kategori : Umum
  • |
  • 22 Jun 2022 14:57

Kaos adalah pakaian sederhana ringan untuk tubuh bagian atas, biasanya berlengan pendek tanpa kancing dan kerah, dengan leher bulat. Kaos atau T-Shirt pada awalnya digunakan sebagai pakaian dalam tentara Inggris dan Amerika pada abad 19 sampai awal abad 20. Sejarah penggunaan nama T-shirt, tidak diketahui secara pasti. Teori yang paling umum diterima adalah nama T-Shirt berasal dari bentuknya yang menyerupai huruf "T", atau di karenakan pasukan militer sering menggunakan pakaian jenis ini sebagai "training shirt".

 

T-shirt alias kaos oblong ini mulai dipopulerkan sewaktu dipakai oleh Marlon Brando pada tahun 1947. Perlahan namun pasti, kaos tidak lagi hanya digunakan sebagai  pakaian  dalam  tetapi  juga  sebagai  pakaian  sehari-hari.  Kain  yang  biasa  digunakan  untuk  membuat  kaos  adalah  cotton  atau  poliester  (bisa  jadi gabungan keduanya). Sifat kedua jenis bahan tersebut bisa menyerap keringat dan tidak panas, karena bahan baku dasarnya adalah serat kapas.

 

Kain bahan kaos memiliki tekstur yang berbeda dengan kain yang lain sehingga cara menjahitnya pun tentu berbeda. Terdapat beberapa macam jenis atau tipe jahitan yang sering digunakan dalam menjahit kaos dan menjadi standar mutu dari kaos tersebut. Antara lain seperti jahit obras, jahit overdeck, jahit rantai dan jahit lurus.


  1. Jahit Obras

 

Jahit Obras biasanya digunakan untuk menggabung badan depan dan belakang, lengan dan di leher.


  1. Jahit Overdeck

 

Jahit Overdeck biasanya digunakan untuk menjahit ujung lengan, ujung bagian bawah kaos dan krah kaos bagian dalam.


  1. Jahit Rantai

 

Jahit Rantai biasanya digunakan untuk menjahit bagian atas kaos. Jahit Rantai menggunakan mesin jahit jarum 2 disebut rantai karena bentuk jahitannya yang mirip rantai.


  1. Jahit lurus

 

Jahit lurus biasanya digunakan untuk menjahit lurus. Jahitan ini jarang digunakan pada kaos standar distro tetapi digunakan untuk menumpuk jahitan obras di kaos partai dan biasanya digunakan untuk menjahit kemeja.


Itulah beberapa jenis jahitan pada kaos yang perlu Anda ketahui, karena jenis jahitan ini pasti banyak ditemui di pasaran. Butuh konsultasi lebih lanjut mengenai kaos apa yang paling pas untuk bisnis Anda? Bisa langsung menghubungi Customer Service Fabriku.