https://fabriku.com/storage/catalog/Copywriter Fabriku/kain tencel cara merawat.png

Simak! Apa Itu Kain Tencel dan Cara Merawatnya!

  • Kategori : Bahan
  • |
  • 24 Jun 2022 12:04



Saat ini kain tencel kian sangat popular di perduniawian kain. Hal tersebut menunjukan kain yang satu ini menjadi salah satu kain yang menarik dan dapat dijadikan salah satu bahan pakaian yang menarik untuk kamu ketahui lebih jauh. Kain tencel ini memiliki dua karakteristik yang berbeda seperti Lyocell dan Modal. Pastinya hal tersebut berbeda dan bisa kamu jadikan referensi bahan lebih lanjut. Yuk intip pengertian kain tencel serta bagaimana cara merawat kain tersebut!

Apa Itu Kain Tencel? 

Source By : Unsplash


Tencel adalah kain berkelanjutan yang dimiliki oleh perusahaan Australia Lenzing AG. Ini pertama kali dikembangkan kembali pada tahun 1972.


Ada dua jenis kain tencel: Tencel lyocell dan Tencel modal. Serat tencel lyocell menggabungkan serat selulosa dengan serat tekstil lainnya, termasuk kapas dan polyester, untuk meningkatkan sifat kain. Tencel lyocell lebih kuat, lebih bernapas, dan umumnya ditemukan di banyak merek tempat tidur.


Serat modal Tencel mengikuti proses produksi yang sama seperti Tencel lyocell, kecuali benang lebih tipis dan lebih lembut saat disentuh. Hal tersebut pastinya kain yang satu ini lebih cenderung melihat model pada pakaian. Saat ini, Tencel adalah salah satu kain paling populer di tempat tidur dan pakaian.

Bagaimana Kain Tencel Dibuat?

Source By : Unsplash


Tencel adalah sejenis rayon, seperti viscose dan modal. Semua serat selulosa ini dibuat dengan cara yang sama: dengan melarutkan pulp kayu dan menggunakan proses pengeringan khusus yang disebut pemintalan. 


Sebelum dikeringkan, serpihan kayu dicampur dengan pelarut untuk menghasilkan campuran basah. Campuran ini kemudian didorong melalui lubang-lubang kecil untuk membentuk benang, diproses secara kimia, kemudian serat panjang dipintal menjadi benang dan ditenun menjadi kain.


Hal ini menunjukan bahwasannya kain tencel ini memiliki kualitas yang tinggi dibandingkan dengan kain yang lainnya. Karena prosesnya terbilang cukup panjang dan sangat teliti untuk menjadi pakaian atau bahan yang lain.


Baca Juga : Ada Berapa Meter dalam 1 Roll Kain?

Cara Merawat Kain Tencel

Source By : Unsplash


Pada dasarnya beberapa bahan kain rentan terhadap pemakaian tiap hari. Terlebih lagi dari kita sendiri yang sering tidak merawat kain tersebut sehingga cepat rusak. Maka dari itu, berikut ini ada 3 cara merawat kain tencel dengan mudah!

Pencucian

Ada beberapa cara untuk mencuci pakaian maupun sprei kain tencel yang satu ini.

  • Untuk sprei kamu bisa mencucinya dengan menggunakan jasa atau service laundry terdekat dengan menggunakan dry clean.

  • Pada saat kamu mencuci pakaian gunakan air dengan suhu normal. Kamu juga bisa menggunakan mesin cuci ataupun menggosok menggunakan tangan sendiri.

  • Saat mencuci di rumah, pastikan deterjen yang digunakan adalah deterjen yang lembut. Maksudnya adalah disarankan untuk menggunakan softener yang dapat melembutkan pakaian.

  • Tidak disarankan untuk menggunakan pemutih pakaian karena akan menyebabkan tekstur tencel cepat rusak dan tidak dapat diatur dengan baik. 

Pengeringan

Pada saat melakukan pengeringan pastikan ada beberapa hal yang kamu perhatikan antara lain :

  • Kamu yang memilih untuk mencuci kain tencel di rumah. Tidak disarankan untuk mengeringkannya dengan menggunakan mesin cuci. Karena dapat merusak serat kain.

  • Disarankan untuk langsung menjemur di bawah terik sinar matahari setelah dicuci.

Penyetrikaan

Dalam segi melakukan perawatan terakhir yaitu penyetrikaan adalah setrika pakaian dengan suhu rendah atau pilih opsi kain sutra pada setrikaan.


Apakah Tencel Lebih Baik daripada Cotton?

Source By : Unsplash


Terlepas dari kekurangannya, cotton tetap menjadi salah satu pilihan kain paling populer di pasaran. Cotton tidak hanya memiliki kegunaan yang serbaguna, tetapi juga mudah dirawat dan menawarkan tingkat kenyamanan bagi penggunanya. Belum lagi, itu melunak seiring waktu, yang berarti menua dengan baik.


Yang mengatakan, Cotton penuh dengan kontra yang mungkin tidak diketahui. Meskipun sudah tidak dapat dengan jujur ​​mengatakan bahwa Tencel pada akhirnya lebih baik daripada cotton dalam segala hal, ada beberapa contoh di mana kain tencel akan lebih unggul dibandingkan cotton.


Misalnya, Tencel tidak kusut atau berkerut secepat kapas. Penampilan dan rasanya yang seperti sutra mengingatkan pada saten, tetapi tidak persis seperti itu. Hasilnya adalah kain halus seperti sutra yang terlihat dan terasa elegan.


Selain itu, Tencel juga berkinerja lebih baik dalam hal kemampuan bernapas, penyerapan, dan pengaturan suhu. Dibuat dengan nanofibril, tekstil ini menghilangkan kelembaban hanya beberapa detik dari produksi. Ini menjamin bahwa kulit Kamu tidak pernah basah, yang berpotensi menyebabkan bakteri berkembang biak atau bau tidak sedap berkembang.


Secara keseluruhan, saya pikir aman untuk mengatakan bahwa sementara Tencel tampaknya memiliki keunggulan di atas kapas, itu tentu saja tergantung pada kenyamanan. Selain itu, Kamu selalu dapat memilih campuran katun-Tencel jika Kamu tidak nyaman dengan Tencel murni.


Baca Juga : Ingin Menggunakan Bur? Bagaimana cara menghitungnya?


Kesimpulan

Hal yang dapat disimpulkan pada kain tencel ini adalah kain yang pastinya memiliki kualitas tinggi. Kain tencel memiliki harga yang sedikit tinggi dibandingkan dengan kain yang lainnya. Namun, harga tidak berbohong dengan kualitas karena pastinya dengan menggunakan kain yang satu ini rasa kenyamanan pada saat menggunakannya sangat nyata.


Terlebih lagi banyak sekali brand luar negeri yang sudah menggunakan kain tencel sebagai bahan baku pembuatan barangnya itu sendiri seperti H&M, Pull and Bear, dan brand yang lainnya. 


Pastinya penggunaan kain tencel lambat laun akan diimplementasikan ke beberapa platform juga karena tekstur dan keindahan kainnya tidak dapat dipungkiri. Kain ini sangat baik dan sangat bisa diandalkan untuk menjadi kain yang mudah untuk dibentuk dan disesuaikan dengan baik.

Tautan: