/assets/placeholder-300x300.png

Apa saja yang perlu diperhatikan saat Quality Control pada industri garment?

  • Kategori : Umum
  • |
  • 13 Dec 2021 18:27

Quality/kualitas/mutu dalam industri garmen dapat didefinisikan sebagai kesesuaian produk atau hasil akhir dibandingkan dengan standar atau spesifikasi tertentu serta pencapaian nilai kepuasan konsumen atas produk. Quality Control adalah upaya pengendalian mutu selama proses produksi, menjaga produksi berjalan sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan dalam rangka untuk menghasilkan produk akhir yang baik sesuai standard yang telah ditetapkan. Memeriksa hasil produksi dari awal proses sampai hasil jadi untuk memastikan kesesuaian dengan standar kualitas yang telah ditentukan.


Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Quality Control (QC) pada industri garmen…


  1. Yang paling pertama adalah mengecek kualitas kain, seperti permukaan, serat, lebar, warna, dan juga jangan lupa untuk melakukan test susut. 

  2. Selanjutnya, hasil jahit, banyak konsumen yang sangat detail dalam memeriksa jahitan terhadap barang yang dia beli.

  3. Selanjutnya periksa bagian sablon atau bordir, warnanya sudah sesuai atau belum

  4. Yang keempat adalah proses trimming, biasanya pada saat proses akhir perlu di cek apakah ada bagian benang yang keluar atau kain lebih yang harus dipotong.


Bagaimana dengan QC yang sudah Anda jalankan di bisnis Anda sekarang? Sudahkah melakukan hal-hal diatas? Bisa dimulai dari langkah-langkah QC di atas untuk menjaga kualitas produk Anda. Sedang mencari bahan kain untuk usaha Anda? Hubungi Customer Service Fabriku.