https://fabriku.com/storage/articles/VNzHV8pYhnwbiFQMcYcsIdKy0CLDiUYlHxFXhfz1.jpg

Berapa hitungan Rib dalam 1kg bahan?

  • Kategori : Bahan
  • |
  • 08 Oct 2021 21:21

Bagi kawan Fabriku yang sudah berkecimpung di dunia bisnis konveksi, pasti sudah tidak asing lagi dengan sebutan “rib”. Sebelum kita membahas lebih dalam lagi hal yang bersangkutan dengan rib, lebih baik menjelaskan dulu apa itu rib.



 



Apa Itu Bahan Rib?



Rib adalah jenis kain rajut yang memiliki ciri elastis banyak digunakan pada bagian leher dan lengan kaos. Sama seperti pilihan kain pembuatan kaos, rib pun memiliki banyak sekali pilihan jenis kain dan juga warna yang sangat beragam. Tentunya rib yang digunakan oleh pembuatan kaos berbagai model disesuaikan dengan warna dasar kain kaos yang dipilih produsen. Meskipun ada pula kaos yang memiliki warna rib tidak sama dengan warna kain kaos yang dibuat. Selain itu juga yang perlu anda ketahui bahwa warna rib biasanya lebih tua dari warna kain dasar kaos yang dibuat.  Sehingga anda tidak perlu merasa heran jika memesan kaos custom sesuai kebutuhan dengan warna rib kaos yang lebih tua. Karena memang pada kenyataannya produsen tekstil pembuatan rib kaos ini terbuat dari warna benang yang lebih tua dari warna benang kain kaos.



 



Fungsi Dari Kain Rib



Kain rib ini memiliki fungsi membentuk pakaian agar tampak body fit dan juga memperkuat beberapa bagian khusus pada kaos atau pakaian. Hal ini yang membuat kain rib memiliki sifat yang elastis baik untuk dalaman kaos, pakaian hangat dan juga bagian kaos lainnya. Kain rib juga bisa dibuat secara manual atau pun dengan menggunakan mesin otomatis. 



 



Ukuran Kain Rib



Untuk ukuran rib sendiri selalu berbeda, tergantung dari model kaos seperti apa yang akan dibuat. Pada normalnya, biasanya lebar rib itu 1,5 cm hingga 2 cm. Berbeda lagi jika bahan kaos yang digunakan lebih tipis, biasanya rib yang digunakan berukuran 1 cm. 



 



Berapa Kg Rib Yang Dibutuhkan Dalam 1kg Bahan?



Pertanyaan yang sering muncul adalah, berapa kg rib yang digunakan dalam 1kg bahan? Biasanya untuk rib normal, kamu hanya perlu menghitung 5% dari banyak nya kain yang kamu gunakan. Tetapi tidak pasti 5% dari berat kain yah, ada juga faktor lainnya seperti lebar rib yang dapat menentukan berapa banyak rib yang akan kamu pakai.



 



Jadi, jika kamu menggunakan 1kg kain, maka RIB yang kamu butuhkan sebanyak 0.05kg. Jika kamu menggunakan kain sebanyak 1 Roll (25kg) maka RIB yang kamu gunakan sebanyak 1kg.



 



Begitu kawan Fabriku penjelasan singkat mengenai Rib. Jadi untuk rencana bisnis selanjutnya, jangan lupa bagaimana cara untuk menghitung rib untuk pemakaian bahan yang sudah Anda miliki. 



 



Fabriku menyediakan beragam bahan kain untuk bisnis kaos dan pakaian Anda. Untuk informasi lebih lanjut, bisa langsung hubungi customer service Fabriku.