https://fabriku.com/storage/catalog/Copywriter Fabriku/Berbicara Tentang Katun Bambu Di Dalam Industri Tekstil.jpg

Berbicara Tentang Katun Bambu Di Dalam Industri Tekstil

  • Kategori : Bahan
  • |
  • 01 Feb 2022 21:46

katun, bambu, kain, katun bambu, kain katun, kain katun bambu, bamboo, cotton, cotton bamboo, rayon

Kain katun bambu adalah kain yang dibuat menggunakan bahan dasar dari olahan bambu, tapi katun bambu ini tidak menggunakan serat bambu secara langsung yaa. 


Pertama, bambu diproses terlebih dahulu dengan membuat atau membentuk kembali senyawa selulosa secara kimiawi, bagaimana caranya? dengan melebur bambu menjadi bubur kemudian olahan bubur bambu tadi dijadikan kapas buatan (serat selulosa).


Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang kain katun bambu, penasaran kan sama informasinya? Yuk simak aja langsung penjelasan berikut ini!

Apa Sih Katun Bambu Itu?

Pasti kita sering deh mendengar istilah rayon bambu dan katun bambu, nah sebenernya kedua jenis kain ini sama atau beda yaa? Hmmm.. menarik untuk kita bahas.


Jadi, baik rayon bambu maupun katun bambu, keduanya adalah produk yang sama, kedua produk ini berbahan dasar kain alami, memang kita lebih sering menyebutnya dengan katun. 


Akan tetapi kalo kita liat dari jenisnya ya, bambu merupakan jenis bahan dasar kain rayon. yaitu Rayon Bamboo,  mirip juga seperti rayon viscose yang terbuat kayu.


Berbeda dengan katun atau cotton, katun adalah kapas, kain katun adalah kain yang terbuat dari kapas, nah katun bambu adalah kain yang terbuat dari kapas buatan yang berbahan dasar bambu. Jadi itulah sedikit penjelasan tentang katun bambu dan rayon bambu.

Karakteristik Katun Bambu

Agar kita bisa membedakan kain katun bambu dengan jenis kain katun lainnya, kita harus mengetahui karakteristik khusus dari katun bambu. Karakteristik katun mambu ini sangat penting untuk diketahui, agar kita sebagai customer paham dan tepat dalam memilih pakaian yang nyaman. 


Memiliki Daya Serap Yang Baik

kain katun, katun bambu, cotton, bamboo cotton

Katun bambu memiliki daya serap yang baik. Hal ini menjadi kelebihan umum dari kain yang berbahan dasar alami (katun).


Kain katun bambu ini sangat sejuk jika dipakai, karena memiliki daya serap keringat yang sangat bagus, selain itu keringat juga dapat terserap dengan baik sehingga tidak menimbulkan bau badan berlebih.

Serat Kain Yang Padat

serat, kain, serat kain, padat, serat kain padat, kain katun bambu, bambu, kain, katun


Pada saat kita memegang kain katun bambu memang dari tekstur tidak begitu tebal, tapi kita harus buang jauh-jauh pikiran bahwa kain katun bambu menerawang pada saat digunakan. 


Kelebihan dari katun bambu adalah, walaupun tipis dan ringan, tapi memiliki serat yang sangat padat dan proses pembuatannya dilakukan pemintalan kuat. 

Anti Bakteri

anti, bakteri, anti bakteri, kain bambu, kelebihan kain bambu, kelebihan kain

Bahan utama dari katun bambu adalah kapas yang terbuat dari bahan dasar bambu. Seperti yang kita semua tau, tanaman bambu merupakan tanaman yang yang sangat mudah tumbuh di berbagai daerah dan jarang sekali terserang hama. Bambu memiliki antibakteri alami, oleh karena itu bambu jarang sekali terkena serangan hama.


Nah antibakteri alami bambu tadi juga terdapat di katun bambu, kelebihan katun bambu yang tidak dimiliki oleh jenis bahan Cotton (kapas) lain adalah anti bakteri alami yang ada pada kain tersebut.


Kelebihan Katun Bambu

Katun bambu kini banyak diburu orang, ya sangat masuk akal karena beberapa karakteristik yang sudah dijelaskan tadi terutama sebagai bahan untuk produk kaos. Selain karakteristik, katun bambu ini juga memiliki beberapa kelebihan lho,


  • Daya tahan katun bambu dibandingkan dengan kain lain


  • Termasuk kedalam jenis kain yang ramah lingkungan


  • Ringan dan lembut


  • Bahan terasa adem


Kesimpulan

Itulah sedikit pembahasan lebih dalam tentang kain katun bambu yang dapat disampaikan dalam ulasan kali ini. Harapan nya informasi yang ada di dalam artikel ini benar-benar bisa memberikan edukasi seputar dunia tekstil untuk temen-temen semua. Selain katun organik, masih ada topik menarik lainnya yaitu tentang bahan kaos polyester, yuk cari tau lebih lanjut!

Tautan: