https://fabriku.com/storage/catalog/Copywriter Fabriku/Kain Ramah Lingkungan Yang Cocok Untuk Printing.jpg

Kain Ramah Lingkungan Ini Cocok Untuk Printing Lho

  • Kategori : Bahan
  • |
  • 02 Mar 2022 12:54

Kain Ramah Lingkungan Yang Cocok Untuk Printing

Kita awali dengan sebuah analogi sederhana, bagi seorang perancang busana, kain bisa diumpamakan sebagai sebuah kanvas yang digunakan untuk membuat sebuah karya yang spesial. Setiap jenis kain yang digunakan akan memberikan kesan yang berbeda, membuat nuansa baru pada setiap rancangannya. Maka dari itu, setiap perusahaan kain pasti akan terus berinovasi untuk menciptakan sebuah jenis kain baru, misalnya seperti kain ramah lingkungan.

Nah, kain ramah lingkungan ini sekarang sedang hits lho. Banyak dari orang yang sudah sadar akan pentingnya menjaga bumi tetap hijau, dan mulai menggunakan bahan-bahan yang alami atau organik dan tidak berbahaya. 


Pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama membahas kain ramah lingkungan yang cocok atau sering dijadikan sebagai bahan untuk printing khususnya digital printing lho ya. Berikut adalah beberapa jenis kain tersebut.


Kain Katun

Kain katun menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian, nah salah satunya cocok juga untuk digunakan sebagai bahan untuk printing. Kain katun terbagi menjadi dua, ada katun sintetis dan ada juga katun organik.


Sebagian besar orang sudah mulai beralih ke jenis kain katun organik, alasannya karena selama proses pembuatan kain katun organik ini tidak membutuhkan banyak pestisida dan air. Sebagai alternatif yang lebih baik, jenis kain katun organik adalah pilihan yang sangat tepat.


Katun organik juga bisa ditemukan dengan bahan pewarna yang minim, agar memastikan prosesnya lebih aman bagi lingkungan.

Kain Linen

Kain linen adalah salah satu jenis bahan pakaian yang termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki karakteristik yang cukup istimewa. Mengapa begitu? Karena kain linen terbuat dari serat tumbuhan secara alami yaitu tumbuhan rami yang memiliki tekstur halus pada saat disentuh dan sedikit agak berkilau. 


Bahan kain linen akan terasa sejuk jika dipakai pada daerah dengan suhu panas dan kain linen ini akan memberikan efek hangat jika dipakai didaerah dengan suhu dingin. Berdasarkan karakteristiknya, kain linen juga sering digunakan untuk printing.


Kain Digital Printing

Mungkin jenis kain digital printing ini memang tidak begitu familiar, namun jenis kain digital printing ini sekarang banyak digemari juga dan termasuk kedalam jenis kain yang ramah lingkungan. 


Kain yang dibuat dengan teknik digital ini akan menghemat 95% energi yang dipakai, dan meminimalisasi sampah tekstil yang dihasilkan. Teknik digital ini mulai sering digunakan oleh perusahaan konveksi tidak hanya di Indonesia tapi di banyak negara di dunia.



Apa Hubungannya Kain Ramah Lingkungan dan Eco Printing?

Ada banyak sekali jenis teknik printing, mulai dari proses manual hingga proses digital. Dulu, proses printing pada kain biasanya menggunakan proses manual, salah satunya adalah teknik eco printing yang kini mulai ramai kembali diperbincangkan oleh banyak orang dan sering dihubungkan dengan kain ramah lingkungan. 


Teknik eco printing ini merupakan teknik pewarnaan kain menggunakan berbagai bahan alam salah satu contohnya adalah tumbuh-tumbuhan sebagai pentransfer warna dan bentuk ke atas kain. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa teknik eco printing merupakan teknik yang sangat ramah lingkungan. 


Kesimpulan 

Itulah pembahasan mulai dari jenis kain yang cocok untuk printing hingga teknik printing yang ramah lingkungan, apalagi menggunakan kain ramah lingkungan juga. Selanjutnya kita akan membahas lebih dalam tentang bahan dasar katun organik, penasaran kan apa sih bahan dasar dari katun organik? Langsung aja cari tau di artikel selanjutnya!


Tautan: