https://fabriku.com/storage/catalog/Copywriter Fabriku/Kegunaan lain Bahan Kaos Polyester Di Kehidupan Sehari-hari.jpg

Kegunaan lain Bahan Kaos Polyester Di Kehidupan Sehari-hari

  • Kategori : Bahan
  • |
  • 03 Mar 2022 13:36

Bahan polyester merupakan istilah umum untuk jenis kain yang dibuat menggunakan benang atau serat polyester. Serat polyester ini terbuat dari senyawa kimia yaitu ethylene glycol, dan asam tereftalat, yang dicampur atau dikombinasikan dengan polyethylene terephathalate (PET) yang berasal dari minyak bumi (petroleum).

Tahukah kamu? Sebenarnya serat polyester pertama kali ditemukan sebelum tahun 1939 lho, di Laboratorium W.H. Carothers, setelah itu dikembangkan oleh sekelompok ilmuwan, yang beranggotakan J.R Whinfield, J.T. Dickson, W.K. Birtwhistle, dan C.G. Ritchie yang menciptakan serat polyester pertama yang disebut terylene pada tahun 1941. 

Kali ini kita akan membahas tentang kegunaan lain dari bahan kaos polyester ini, selain menjadi bahan dasar pembuatan kaos, kira-kira polyester ini digunakan sebagai bahan dasar pakaian apalagi ya? Yuk simak informasinya berikut ini!

Polyester - Armani Silk (Poly silk)


Siapa disini yang udah tau apa itu poly silk? Jadi, bahan polysilk adalah salah satu jenis dari bahan polyester atau biasa disebut juga Armani Silk. Bahan polysilk adalah kain buatan, sama dengan kain polyester lainnya. 

Bahan poly silk ini sering digunakan sebagai bahan dasar dari hijab, nah mungkin kita sering melihat kain poly silk ini namun belum sadar ya. Pemilihan bahan kain menjadi pertimbangan utama bagi para pengguna hijab, pemilihan bahan kain yang pas merupakan hal yang sangat penting karena jika bahan hijabnya yang dipilihnya tidak sesuai maka akan mengganggu orang yang menggunakannya. Sehingga kita harus mengetahui ciri bahan kain hijab. Seringkali, bahan yang beredar di pasaran untuk hijab adalah poly silk ini. 

Crinkle Airflow

Crinkle Air Flow merupakan bahan yang terbuat dari polyester yang dikerut, stretch bahan halus, lembut, ringan, menyerap keringat, serta tidak menerawang sehingga sangat nyaman digunakan. Berdasarkan karakteristiknya bahan crinkle airflow ini sangat cocok digunakan di bidang fashion muslim contohnya busana muslim, dress, jilbab atau hijab dan gamis.

Samir Satin (Baju Wisuda)

Nah untuk jenis bahan polyester satu ini pasti familiar banget deh karena sering digunakan sebagai bahan dari baju wisuda. Baru tau kan ternyata bahan dari baju wisuda itu ternyata salah satu jenis dari bahan polyester, memang sedikit berbeda jika kita bandingkan langsung dengan kain polyester biasa yang sering kita jumpai pada pakaian-pakaian olahraga.

Kelebihan Bahan Polyester

Dari tadi kita berbicara tentang jenis dan kegunaannya, sebenernya bahan polyester ini juga memiliki banyak kelebihan loh diantaranya:

  • Terjangkau dan mudah ditemukan

  • Tahan lama

  • Tidak gampang berkerut

  • Cepat kering

Kesimpulan

Gimana pembahasan seputar bahan polyester, cukup menarik bukan? Ternyata bahan polyester ini tidak hanya digunakan sebagai bahan untuk pakaian olahraga saja tetapi hijab, busana muslim hingga baju wisuda menggunakan jenis dari bahan polyester.

Nah kalo tadi kita membahas kain yang dibuat dengan proses kimia, Fabriku masih punya informasi tentang bahan kain ramah lingkungan lho. Mau tau kain apa aja itu? Langsung aja simak penjelasannya di artikel berikutnya!


Tautan: