https://fabriku.com/storage/catalog/Copywriter Fabriku/Kupas Tuntas Bahan Baku Katun Organik.jpg

Kupas Tuntas Bahan Baku Katun Organik

  • Kategori : Bahan
  • |
  • 02 Mar 2022 13:10

Kupas Tuntas Bahan Baku Katun Organik


Sebelum kita membahas bahan baku dari kain katun organik, kita bahas dulu apa itu katun organik. Sederhananya katun organik adalah jenis kain yang proses pembuatanya sangat minim bahan kimia dan pestisida yang berlebihan. 


Dampak dari penggunaan bahan kimia dan pestisida berlebihan ini pada tanaman sangat negatif, bisa mencemari udara, tanah, air dan kesehatan orang-orang disekitar perkebunan kapas. Akhirnya muncul sebuah gagasan baru, yaitu menanam kapas secara organik. 


Menariknya adalah selain proses budidaya yang diatur, untuk menghasilkan label katun organik benih yang digunakan tidak boleh benih sembarangan. Nah kita akan bahas lebih jauh tentang bahan baku dari katun organik.

Apa Sih Bahan Dasar Katun Organik?


Sebenarnya bahan baku atau bahan dasar dari katun organik adalah kapas, namun kapas ini bukan kapas biasa, seperti tadi sudah dijelaskan sebelumnya, budidaya kapas untuk bahan dasar katun organik dilakukan secara organik. 


Proses penanaman kapas untuk katun organik ini sama sekali tidak menggunakan metode rekayasa genetika dan juga tidak menggunakan bahan kimia pertanian seperti pupuk dan pestisida. Hal inilah yang membedakan antara kapas untuk katun organik dengan jenis kapas biasa. Sekitar tahun 2007 produksi kapas organik mencapai kurang lebih 265.517 bal yang dihasilkan dari 24 negara di seluruh dunia dan terus bertumbuh hingga mencapai 50% per tahunnya.


Perbedaan lain antara kapas untuk katun organik dan kapas biasa adalah dari sisi tahapan pada saat ingin menanam, diantaranya sebagai berikut:

  • Persiapan benih, untuk katun organik menggunakan biji transgenic alami.

  • Persiapan tanah, pada budidaya kapas katun organik tanah diolah secara sehat dengan melakukan rotasi tanaman dan mempertahankan kelembaban tanah secara organik.

  • Kontrol gulma, kontrol gulma budidaya kapas organik mempertahankan keseimbangan alami.

  • Proses panen, proses panen dilakukan melalui proses penggundulan alami 

Kelebihan Bahan Katun Organik

Nah pada bagian ini kita akan coba bahas sedikit lebih dalam tentang kelebihan yang dimiliki oleh bahan katun organik, berikut adalah penjelasannya.

Lembut

Bahan katun organik sangat lembut jika dibandingkan dengan bahan katun biasa, jadi pakaian yang terbuat dari bahan katun organik lebih nyaman banget lho waktu dipakai.

Kulit Bisa Lebih “Bernafas”

Tidak seperti jenis kain katun biasa atau konvensional, bahan katun organik mampu menyerap keringat dari tubuh dan memungkinkannya menguap ke udara. 


Sifat katun organik mirip seperti handuk, dan dapat menghilangkan kelembaban dari kulit serta mencegah pertumbuhan bakteri. ini menjadikan bahan katun sebagai kain terbaik untuk pakaian olahraga, pakaian dalam, dan pakaian tidur.

Lebih Sejuk Pada Saat Dikenakan

Bahan katun biasa pun terasa sejuk pada saat dikenakan, nah pakaian yang terbuat dari bahan katun organik lebih sejuk lagi pada saat dikenakan karena tidak memiliki sifat sebagai penghantar panas atau konduktor, jadi gak perlu khawatir pada saat dikenakan meskipun kita berada di tempat dengan suhu cuaca yang sedang tinggi.

Organik! 

Seperti yang sudah dijelaskan di bagian sebelumnya, katun organik dibuat dari bahan dasar kapas yang proses budidayanya tidak mengalami proses kimiawi layaknya pada bahan dasar kain sintetis seperti polyester.

Kombinasi Katun Organik Dengan Bahan Atau Serat Lain


Ini adalah salah satu bagian menarik dari katun organik, tadi kita bahas bahan dasar katun organik terbuat dari kapas yang budidayanya dilakukan secara organik. Semakin berkembangnya teknologi, ada banyak jenis kain katun organik yang terbuat dari jenis tanaman organik lainnya atau mengkombinasikan antara serat kapas organik dengan serat dari tanaman organik lainnya, contohnya adalah kain Linen, Hemp katun, kain Tencel dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan tentang bahan dasar dari katun bambu, menarik bukan? Ternyata cukup banyak jenis kain katun organik yang mungkin kita pernah temui sebelumnya namun kita belum tau bahwa itu adalah kain katun organik. 


Berbicara katun organik ada salah satu jenis katun yang menarik lagi nih, yaitu katun bambu, sebenarnya yang dimaksud katun bambu itu yang kaya gimana sih? Apakah terbuat sepenuhnya dari serat bambu atau campuran dari serat kapas dan serat bambu? Mari kita cari tau sama-sama di artikel selanjutnya!

Tautan: