https://fabriku.com/storage/catalog/Copywriter Fabriku/serat lidah buaya.jpg

Mengenal Kain Ramah Lingkungan - Koleksi Fabriku

  • Kategori : Bahan
  • |
  • 31 Jan 2022 15:45


Berbicara tentang kain, pasti banyak banget jenis kain yang kita tau, mulai dari kain kanvas, kain satin, kain katun dan masih banyak lagi. Nah, dari sekian banyak jenis kain, ada jenis kain yang menggunakan bahan organik, yang biasa disebut dengan kain ramah lingkungan.


Topik artikel kali ini, kita akan membahas tentang kain ramah lingkungan, penasaran kan kira-kira seperti apa sih kain ramah lingkungan itu, simak penjelasannya berikut ini.

Serat Eco Friendly atau Ramah Lingkungan

Kain yang disebut sebagai kain ramah lingkungan adalah kain yang terbuat dari bahan organik, atau sering juga disebut dengan serat alami, namun tidak semua serat alami bisa disebut dengan serat ramah lingkungan (eco friendly). 


Beberapa Serat Ramah Lingkungan

Indikator suatu serat kain bisa dikatakan ramah lingkungan apabila dihasilkan tanpa menggunakan bahan kimia atau pestisida lainya. Serat ramah lingkungan adalah serat yang dihasilkan tanpa adanya penggunaan pestisida atau bahan kimia apa pun untuk tumbuh. Bahan-bahan penghasil serat ini secara alami tahan terhadap jamur dan bebas penyakit. Berikut ini adalah beberapa contoh serat ramah lingkungan.


  • Lidah Buaya

Siapa yang gak tau jenis tanaman satu ini? Ya benar, lidah buaya! Selain memiliki banyak manfaat bagi kulit kita, lidah buaya juga memiliki banyak manfaat untuk kain, diantaranya secara alami mempunyai kandungan anti-bakteri yang tidak hanya menjaga pakaian tetap bersih, tetapi juga memerangi bau badan. 


  • Bambu

Setelah lidah buaya, bambu juga merupakan salah satu sumber daya alam yang bisa menjadi bahan utama serat ramah lingkungan, bambu 100% dapat terurai secara alami dan bersifat regeneratif alami. 


Setelah mengambil bambu yang masih berupa tanaman, kemudian bambu dipintal menjadi benang tanpa adanya campuran zat kimia. Proses memecah dinding bambu menjadi bubur menggunakan enzim alami, sehingga serat alami dapat dipintal menjadi benang dengan menjalani berbagai proses.


Kain yang terbuat dari serat bambu secara alami mengandung hypoallergenic, antimikroba dan pengatur termal, selain itu kain yang terbuat dari serat bambu juga tahan terhadap jamur. 

  • Serat Pisang

Serat-serat ini terikat oleh gusi alami dan terbuat dari jaringan sel berdinding tebal. Biasanya dua hingga tiga selubung luar dihilangkan, dan lapisan diantara yang dibuang yang digunakan. Lapisan luar tanaman memberikan serat kasar yang sangat rapuh dan selubung terdalam juga tidak digunakan karena mengandung bahan pulpa. Dapat dengan mudah dicampur dengan kapas atau serat sintetis lainnya.

Jenis-jenis Kain Ramah Lingkungan

Tadi kita sudah berbicara tentang serat, nah sekarang kita akan coba bahas tentang jenis kain yang menggunakan serat ramah lingkungan. Serat ramah lingkungan tadi ternyata banyak juga digunakan di berbagai jenis kain, berikut adalah beberapa contoh kain yang menggunakan serat ramah lingkungan.

  • Katun Organik

Mirip seperti bahan makanan organik, jenis kapas organik adalah kapas yang ditanam tanpa menggunakan bahan kimia beracun. Selain memiliki banyak manfaat untuk lingkungan, kain yang dibuat menggunakan bahan baku katun organik sangat cocok dikenakan untuk kita semua, terlebih untuk anak-anak.

  • Linen

Jenis kain Linen ini sudah dikenal sejak lama sekitar 6000 tahun lalu, kain ini populer dikenakan oleh kalangan atas di masa itu. Kain Linen ini terbuat dari serat rami.


Kain Linen ini termasuk salah satu kain yang berkualitas tinggi, karena memiliki permukaan yang halus, rapi, dan nyaman digunakan karena lebih menyerap keringat. 

  • Tencel

Jenis kain Tencel merupakan salah satu bahan kain yang biasa kita temukan di pakaian dan juga pada produk sprei. Kain Tencel ini terbuat dari material lyocell yang termasuk jenis kain berkelanjutan dan diregenerasi dari selulosa kayu. 


Kain Tencel yang terbuat dari serat organik yang memiliki sentuhan lembut di kulit, serat dari kain Tencel ini sangat baik dalam kondisi basah maupun kering. Kain Tencel ini juga bisa menyerap 50% lebih banyak dari katun biasa dan akan tetap kering.

Kesimpulan

Itulah pembahasan tentang kain eco friendly atau kain ramah lingkungan. Ternyata beberapa jenis kain ramah lingkungan sudah pernah kita temui di kehidupan sehari hari. Menarik bukan pembahasan tentang kain ramah lingkungan. Katun organik termasuk jenis kain ramah lingkungan, mau tau penjelasannya? Yuk kita bahas bersama tentang katun organik.


Tautan: