https://fabriku.com/storage/catalog/Copywriter Fabriku/Oversized Shirt Menjadi Trend Fashion 2022.jpg

Oversized Shirt Menjadi Trend Fashion 2022

  • Kategori : Umum
  • |
  • 18 May 2022 15:59

Pada tahun 1980-an adalah tahun dimana style yang sangat berubah dari yang tadinya super ketat menjadi melebar. Yup! Oversized shirt atau pakaian dengan ukuran yang besar pada tahun 80’s sangat trendy di kalangan masyarakat amerika serikat terutama untuk para rapper. 


Pakaian yang baggy, terlalu besar (oversized shirt), dan grunge adalah salah satu budaya yang sangat tidak dapat ditinggalkan hingga saat ini. Karena pada tahun 1980an perspektif dari fashion adalah volume. Jadi bisa dikatakan ada yang ingin mengetatkan pakaiannya maupun fashion yang terlalu besar. 


Seperti celana Zoot alors ini misalnya, fashion yang satu ini sangat cocok sekali untuk menghadiri beberapa acara seperti met Gala, Piala oscar dan sebagainya. Pastinya dengan oversized shirt ini bisa menjadi referensi kamu dalam berpakaian. Lalu apa sih yang harus kamu ketahui mengenai oversized shirt? Berikut ini kita akan mengulas trend fashion tersebut.

Bahan Dasar Untuk Membuat Oversized Shirt

Source : By Unsplash


Adapun hal yang sering ditanyakan oleh pelanggan yang ingin membuat baju oversized. “Bahan mana yang bagus untuk membuat baju oversized?” jawabannya ada 3 yaitu combed 20s, combed 24s, dan combed 30s. Namun, hal tersebut pastinya tergantung dari pengolahan dan jahitan yang rapi juga.


3 jenis bahan dasar ini dinilai karena karakteristik dari bahan dasar kain tersebut sangat rapi, tidak mudah kusam, serta bahannya tidak terlalu tipis dibandingkan bahan kain yang lain. Karena untuk membuat oversized shirt diperlukan juga hasil dan kualitas yang matang seperti bahannya tebal dan tidak cepat kusam.


Lalu apakah perbedaan combed 20s, 24s dan 30s ini untuk membuat oversized shirt. Yuk kita ulas bersama!

Combed 20s

Combed sebenarnya adalah bahan yang sering digunakan untuk banyak orang di Indonesia karena iklim tropis Indonesia ini sangat cocok untuk menggunakan bahan kain yang satu ini. Seri 20s ini adalah bahan yang paling tebal dibandingkan dengan bahan combed lainnya. Bahan yang satu ini bagus untuk pakaian dan terutama pada sweater.

Combed 24s

Jenis 24s yang satu ini lebih tipis dibandingkan 20s karena hal tersebut. Seri yang satu ini digunakan untuk pakaian. Bahannya juga sangat adem untuk digunakan dalam sehari-hari. Dan sangat baik digunakan pada malam hari karena menjaga suhu badan juga.

Combed 30s

Bahan yang satu ini paling tipis dibandingkan 20s dan 24s. Namun, bahan yang ini sebenarnya multi guna bisa diandalkan juga untuk membuat baju oversized. Combed ini memiliki serat yang baik untuk dijadikan bahan pakaian sehingga kamu tidak perlu pusing untuk memilih mana yang lebih baik dari ketiganya.


Sebenarnya,  angka 20s, 24s, dan 30s merujuk pada ketebalan dari kain tersebut. Deretan ini menunjukan jenis benang serta ukuran dari berat kain tersebut. Jenis cotton combed yang paling banyak beredar di pasaran adalah 20s, 24s, 30s. Semakin tinggi angkanya, semakin tipis dan lemas kain yang dihasilkan. Jadi cotton combed 20s adalah yang paling tebal, sementara 30s paling tipis dan lunak.


Baca Juga : Bahan Terbaik Baju Muslim Anak

Size Chart Dari Oversized Shirt

Hal yang patut kamu perhatikan adalah membuat baju oversized tidak hanya dari desain saja yang berbeda melainkan ukurannya yang pastinya berbeda dengan baju yang lain. Jika, kamu menyerahkan size chart oversized shirt ke vendor lain. Pastinya akan berbeda dengan satu sama lain. Karena setiap vendor memiliki size chartnya masing - masing.


Namun, untuk membuat oversized shirt dengan referensi yang lain ada beberapa referensi yang bisa kamu gunakan untuk membuat baju oversized tersebut. Berikut ini adalah referensi yang dapat kamu gunakan.


Source By : Tangan Kanan





Tips Menggunakan Oversized Shirt

Source : By Unsplash


Bukan hanya mengetahui asal-usul dari oversized shirt saja. Kamu sebagai makhluk sosial pun harus memiliki penampilan yang menarik agar orang - orang senang dan kamu pun tampil lebih percaya diri. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menggunakan oversized shirt.

Pilih Size Yang Sesuai

Hal yang harus kamu perhatikan adalah pilih baju oversized yang sesuai maksudnya adalah kamu tidak memilih ukuran yang asal-asalan. Kamu harus pilih size yang sedikit lebih besar dengan ukuran kamu ataupun yang sesuai sehingga kamu dapat mengaplikasikannya dengan baik.

Pilih Aksesoris

Untuk mendukung style kamu, Hal yang dapat kamu lakukan adalah menggunakan aksesoris atau kamu bisa mengkombinasikan oversized kamu dengan beberapa kombinasi yang lain seperti outer dan sebagainya.

Pilih Bahan Yang Nyaman

Dalam berpakaian hal yang sangat diperhatikan adalah tentang kenyamanan. Pastinya, kamu harus nyaman saat menggunakan oversized shirt. Apakah kamu pd dengan hal tersebut serta kamu juga bisa menggunakannya pada waktu - waktu tertentu seperti sedang hang out, nyantai, jalan dan lain-lain.

Kesimpulan

Oversized shirt pastinya tidak akan lekang oleh waktu. Karena fashion style tersebut tetap ada dari tahun 80an hingga saat ini masih sering digunakan bahkan di tahun 2022 sedang trendy. Pastinya hal tersebut bisa menjadi salah satu keuntungan bagi beberapa fashion expert serta para konveksi untuk menemukan target marketnya.


Maka dari itu, Fabriku adalah salah satu pabrik garmen terbesar di Bandung yang telah dipercayai banyak konveksi di seluruh penjuru Indonesia. Untuk bahan combed sendiri tersedia pricelist dan keterangannya disini.

Tautan: