/assets/placeholder-300x300.png

Mengapa dibutuhkan Grade Rules, Grade Rule Library, dan Grade Specifications?

  • Kategori : Umum
  • |
  • 21 Dec 2021 14:11

Aturan Pengukuran (Grade Rules) adalah jumlah yang ditentukan dalam suatu pola, untuk bisa dibuat lebih besar atau lebih kecil pada “satu titik tertentu” agar sesuai dengan berbagai ukuran.


[“Satu titik tertentu” di mana aturan pengukuran ditempatkan disebut titik kardinal (Cardinal Point)]


Dalam ilustrasi di sebelah kanan, ada aturan tingkatan yang ditempatkan di persimpangan leher dan bahu (titik kardinal), ujung bahu luar dan di tengah bawah melalui lubang lengan. Ilustrasi hanyalah contoh visual yang menunjukkan bagaimana pola manual dipetakan. 


Daftar Aturan Pengukuran (Grade Rule Library) adalah kumpulan aturan pengukuran yang akan digunakan untuk mengukur pola sesuai dengan spesifikasi ukuran yang diinginkan. 


Setiap daftar (library) akan bervariasi sesuai dengan jenis kelas, fitur, dan sifat kain dari suatu desain. Misalnya, Anda akan memerlukan dua library yang berbeda untuk dua atasan yang identik jika satu dirajut dan yang lainnya ditenun. Atau, Anda akan memerlukan dua library yang berbeda jika salah satu bagian atas dinilai S,M,L dan yang lainnya dalam ukuran bernomor. Grade Rule Library biasanya dibuat dengan menyalin dan menempelkan data dari satu atau beberapa Rule Library untuk membuat yang baru.


Spesifikasi Pengukuran (Grade Specifications) itu relatif umum tetapi bisa juga lebih kompleks. Grade Specifications adalah ukuran yang Anda tentukan untuk menunjukkan seberapa besar Anda ingin setiap ukuran bertambah atau berkurang. Anda harus mengetahui sesuatu tentang ukuran untuk mengetahui apakah Anda ingin setiap ukuran bertambah satu atau dua inci dan juga untuk tinggi badan. 


Grade Specifications yang lebih kompleks dibutuhkan jika Anda menargetkan segmen/target tertentu (niche market).


Kabar buruknya adalah bahwa desainer diharapkan memberikan spesifikasi kelas dasar (sederhana). Ini adalah pekerjaan Anda. Jika Anda tidak tahu atau memilikinya, Anda bisa memperkerjakan pembuat pola atau grader untuk membantu Anda membuatnya. Namun, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa ini bukan tugas kami. Banyak desainer yang kesal jika penyedia layanan tidak dapat menebak spesifikasi kelas yang seharusnya atau marah karena kami tidak menyediakan layanan ini secara gratis. Mengumpulkan informasi seperti ini bisa mahal tetapi Anda dapat melakukannya sendiri dengan biaya yang relatif rendah. Kasus terburuk, Anda dapat membeli berbagai ukuran dari lini produk yang ada yang Anda sukai pengukurannya, bawa ini ke alat perata pola yang kemudian dapat mengukur setiap garmen untuk merekayasa balik pengukurannya.


Itulah definisi sedikit tentang Grade Rules, Grade Rule Library, dan Grade Specifications. Tiga hal ini dibutuhkan jika Anda hendak mengukur bahan kain yang akan diproses menjadi pakaian jadi yang siap dijual. Tiga hal ini akan membantu Anda untuk menjaga ke konsistenan ukuran produk pakaian Anda. Setelah Anda menentukan pasar/target mana yang ingin Anda sasar, maka langkah selanjutnya adalah menentukan ukuran-ukuran yang pas di produk Anda.


Butuh bahan kualitas terbaik dengan harga bersaing? Fabriku menyediakan berbagai macam bahan kain. Hubungi Customer Service kami untuk informasi lebih lanjut.