https://fabriku.com/storage/catalog/Copywriter Fabriku/Serba - Serbi Kain Tencel Indonesia yang Harus Kamu Ketahui! .png

Serba - Serbi Kain Tencel Indonesia yang Harus Kamu Ketahui!

  • Kategori : Bahan
  • |
  • 24 Jun 2022 12:12


Saat ini kain tencel di Indonesia menjadi salah satu bahan kain yang sangat wajib dan favorit untuk banyak orang. Karena kain yang satu ini memiliki kelebihan yang sangat baik dibandingkan dengan kain yang lain. Namun, apakah kamu tahu pengertian dari kain tencel indonesia yang satu ini. Pada artikel kali ini, Kita akan membahas seputar hal-hal yang harus kamu ketahui mengenai kain tencel. Berikut ulasan lengkapnya dibawah ini!

Pengertian Kain Tencel


Source By : Unsplash


Kain tencel indonesia ini diproses dari kayu pohon Eucalyptus, Tencel menyaingi cotton dalam hal penampilan, daya tahan, breathability, dan kelembutan. Tidak seperti cotton, kain yang satu ini menggunakan pulp kayu bukan serat tanaman.


Meskipun mungkin terdengar seperti kain terasa kasar dan kaku karena terbuat dari kayu, hal yang terjadi justru sebaliknya. Berkat metode pengeringan uniknya yang disebut pemintalan pelarut, kain ini memiliki rasa yang lebih halus dan lebih canggih dibandingkan dengan kapas sejak penggunaan pertama. Karena itu kain tencel indonesia ini bisa menjadi salah satu yang terbaik untuk jenis pakaian dalam sehari-hari.


Diklasifikasikan di bawah Rayon, Tencel secara luas dianggap untuk penggunaannya dalam pakaian, pakaian dalam, pakaian aktif, dan tempat tidur. Breathability-nya menjadikannya pilihan kain yang populer untuk pakaian musim panas.


Baca Juga : Perbedaan Jenis Finishing Kaos Tubular dan Openset


Kelebihan Kain Tencel

Source By : Unsplash


Dilansir oleh Black and Walnut, ada beberapa kelebihan kain tencel yang harus kamu ketahui. Karena kain tencel indonesia ini sangat baik untuk digunakan di beberapa platform. Sehingga kain ini dapat menjadi salah satu bahan serat kain terbaik yang dapat diimplementasikan dengan mudah dan tepat.


Sering digunakan sebagai pengganti katun atau sutra, Tencel dengan cepat menjadi bahan yang disukai karena keserbagunaan dan sifat positifnya. Bagi siapa saja yang tidak familiar dengan kain tencel indonesia sendiri, mari kita lihat lebih dekat apa yang ditawarkannya.


Kelembutan

Tencel membuatnya menonjol. Tencel juga menutupi kasur dengan baik dan menahan pewarna cerah dengan baik, dengan sedikit resiko pendarahan di mesin cuci. Plus, Tencel bersifat hypoallergenic dan tidak akan mengiritasi mereka yang memiliki kulit sensitif.


Jadi, dari segi kelembutan tencel sangat dominan pada kulit manusia karena memiliki tekstur yang sangat baik.

Breathebality

Tencel secara alami bernapas, sehingga udara dapat mengalir masuk dan keluar dari bahan dan mencegah retensi panas. Tencel juga menyerap kelembapan dan cepat kering, fitur yang bagus jika kamu mudah berkeringat di malam hari.


Pastinya dengan kemudahan yang bisa kamu dapatkan seperti bahannya sangat ringan untuk kamu bernafas. Hal ini baik untuk dijadikan salah satu kelebihan utama kain tencel Indonesia.

Daya tahan

Tencel lebih tahan lama dibandingkan kapas organik. Beberapa kain katun menyusut saat dicuci; namun, Tencel tidak akan kehilangan bentuknya. Selain itu, Tencel cenderung terasa lebih lembut setelah dicuci.


Kain tencel Indonesia ini pastinya baik untuk daya tahan karena serat kainnya yang organik dan tahan lama dibandingkan dengan kain yang lain. Tencel ini lebih memiliki kualitas yang baik.

Penampilan

Tencel terlihat dan terasa seperti sutra. Bahannya memiliki sedikit kilau dan terasa lembut saat disentuh. Tencel juga lebih kecil kemungkinannya untuk kusut daripada katun dan memiliki tirai yang indah di tempat tidur.


Secara tampilan kain tencel Indonesia ini tidak kalah dengan kain yang lain. Karena kilauan dan bahan yang lembut ini menjadikan salah satu unsur utama pada visual dari pakaian maupun tempat tidur.

Hipoalergenik

Tencel tidak hanya lembut, tetapi serat alaminya tidak mengiritasi kulit sensitif membuat lembaran hypoallergenic berkualitas tinggi. Selain itu, sifat menyerap kelembaban Tencel memastikan kain tidak terlalu rentan terhadap pertumbuhan bakteri. 


Pertumbuhan bakteri sebaliknya dapat menyebabkan bau yang tidak sedap dan reaksi alergi, seperti bersin dan batuk.


Kekurangan Kain Tencel

Source By : Pinterest


Satu-satunya kekurangan kain tencel indonesia diantara dengan kain yang lainnya adalah kain yang satu ini tidak efisien dalam segi harga. Atau bisa terbilang kain yang satu ini mahal. 


Karena mengingat dari prosesnya yang banyak dan sedemikian rupa hal tersebut pastinya menjadi salah satu pertimbangan beberapa konveksi ataupun pabrik untuk memakai kain tencel tersebut.


Namun, tetap dipastikan kain tencel Indonesia ini lebih banyak kelebihannya yang dapat digunakan daripada kelemahannya. Maka dari itu, Kain tencel ini menjadi salah satu kain terbaik yang dapat digunakan.

Dampak Kain Tencel Terhadap Lingkungan

Source By : Unsplash


Tencel lyocell lebih baik untuk lingkungan daripada kain sejenis lainnya, tetapi tidak berkelanjutan seperti kain papan atas seperti linen organik atau kapas daur ulang.


Dalam produksinya, Tecnel membutuhkan lebih sedikit energi dan air dibandingkan kapas konvensional. Sebagai serat yang berasal dari tumbuhan, Tencel juga dapat terurai secara hayati, tetapi pastikan tidak tercampur dengan serat sintetis lainnya seperti nilon saat akan membuang pakaian.


Meskipun, seperti kebanyakan bahan, sering diwarnai dengan pewarna konvensional yang berbahaya, Tencel membutuhkan lebih sedikit pewarna daripada kapas. Warnanya juga putih bersih saat diproduksi, jadi tidak diperlukan pemutihan dan tanpa pewarna selalu menjadi pilihan.


Baca Juga : Tips Memilih Baju Muslim Anak yang Nyaman


Apakah Tencel Indonesia Eco-Friendly?

Source By : Unsplash


Tencel indonesia diproduksi melalui proses yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dari bahan baku kayu alami yang bersumber secara berkelanjutan. Kain bermerek dagang bersertifikat biodegradable, dari sumber yang berkelanjutan dan dari asal botani. 


Tetapi penting untuk membedakan antara Tencel bermerek dagang, lyocell dari sumber yang tidak berkelanjutan dan campuran lyocell – campuran lyocell dan serat lainnya. 


Campuran lyocell mungkin tidak berkelanjutan seperti lyocell murni karena bisa mengandung serat sintetis yang menghasilkan mikroplastik.


Selain itu, meskipun lyocell menggunakan lebih sedikit air daripada kapas, penting untuk melihat apakah lyocell di pakaian Anda berasal dari bahan baku yang bersumber secara berkelanjutan.


Secara umum, Tencel dan lyocell adalah pilihan tepat bagi siapa saja yang mencari pakaian tahan lama yang mempertahankan kekuatan dan kelembutan. Lihat label untuk merek dagang Tencel dan cari campuran lyocell murni versus campuran lyocell.

Tautan: